Carlo Brix Tewu: Karir Gemilang dari Kepolisian hingga Pemerintahan

SUARARAKYAT.CO.ID, Manado – Carlo Brix Tewu, mantan Plt Gubernur Sulawesi Barat dan mantan Kapolda Sulawesi Utara, memiliki karir yang gemilang dan beragam. Mulai dari posisi di kepolisian hingga jabatan strategis di pemerintahan, Tewu telah menunjukkan dedikasi dan komitmen yang kuat dalam melayani masyarakat.

Tewu memulai karirnya di kepolisian sebagai anggota Shabara Polda Metro Jaya, kemudian merangkak naik menjadi Kanit Jatanras di Polda yang sama. Setelah menyelesaikan pendidikan di Sespim, karirnya terus berkembang di berbagai posisi strategis, antara lain sebagai Sesditserse Polda Timor Timur dan Polda Medan, serta menjadi bagian dari team cobra.

Tewu kemudian menjabat sebagai Direktur Serse Polda Metro Jaya, Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, dan Direktur Reserse Kriminal Polda Metro Jaya. Pada tahun 2009, beliau dipromosikan menjadi Wakil Direktur I/Kamtranas Bareskrim Polri dan tidak lama setelah itu menjadi Wakapolda Sulawesi Utara.

Karir Tewu di kepolisian mencapai puncaknya ketika beliau diangkat menjadi Kapolda Sulawesi Utara pada tahun 2010. Setelah itu, beliau menjabat sebagai Karojianstra Sops Polri dan Dirtipidum Bareskrim Polri.

Tewu kemudian beralih ke pemerintahan, menjadi Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kemenko Polhukam, Plt. Gubernur Sulawesi Barat, Deputi V Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, dan Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Kementerian BUMN.

Saat ini, Tewu menjabat sebagai Komisaris Bukit Asem, menunjukkan bahwa beliau tetap aktif dan berkontribusi bagi masyarakat.(Team)